Tips Meng-Upgrade BlackBerry Messenger

Sering kita merasa khawatir akan kehilangan kontak dalam layanan BlackBerry Messenger apabila kita ingin mengupgrade BBM mereka ke versi 5.0. Misalnya dari versi 5.0.0.08 beta.

Hal ini relatif wajar. Apalagi untuk memperoleh PIN dari kontak-kontak tersebut tidak gampang. Bagi Anda yang tidak ingin mengambil risiko itu, berikut ini beberapa tips yang sekiranya bisa diperhatikan saat akan melakukan update:

Backup contact list
Walaupun daftar kontak pada BlackBerry Messenger (BBM) Anda belum pasti hilang, agar lebih aman, backup daftar kontak Anda terlebih dulu sebelum menjalankan instalasi. Kalau terjadi kehilangan, maka Anda masih bisa mengembalikannya dengan restore file back up.

Perhatikan pilihan setup
Apa yang seringkali terjadi setelah instalasi adalah hilangnya icon BBM pada BlackBerry. Ini disebabkan karena pengguna tidak memilih setup aplikasi BBM v5.0 yang sesuai dengan tipe perangkatnya. Misalnya, perangkat Bold menginstalasi setup BBM versi Curve.

Bagi Anda yang terlanjur kehilangan kontak BBM setelah upgrade ke BBM v5.0 akibat gagal unduh (download failed), berikut tips-tips yang mungkin dapat membantu:

1. Setelah diketahui terdapat notifikasi ‘Download Failed’ jangan terburu-buru me-restart BlackBerry Anda. Hubungkan segera melalui PC atau laptop, dan masuk ke aplikasi Blackberry Desktop Manager.

2. Setelah kode PIN BlackBerry Anda terbaca, cari menu Backup, kemudian backup data-data Blackberry Anda termasuk kontak penting. Tunggu sampai keluar pesan ‘Successful!’.

3. Setelah backup data, kembali ke Blackberry Desktop Manager. Silahkan ulangi download BBM 5 di Blackberry hingga berhasil. Dan, jangan me-restart BlackBerry Anda sebelum berhasil jika tidak mau kehilangan kontak.

4. Setelah berhasil, pastikan apakah kontak BBM Anda masih ada atau tidak, Kalau sudah hilang, hubungkan kembali Blackberry Anda ke PC/ atau laptop.

5. Jalankan aplikasi Blackberry Desktop Manager. Setelah kode PIN BlackBerry Anda terbaca di Desktop Manager, segera ke menu Restore.

6. Cari nama file backup yg sudah Anda simpan sebelumnya, kemudian buka file tersebut. Lalu klik OK, kemudian klik OK atau Restrore. Tunggu hingga rampung. Setelah itu, kontak Anda akan kembali seperti semula.

[Vivanews]

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: