Kiamat 2012 Lebih Bahaya dari Miyabi (Maria Ozawa)

kiamat-2012Film 2012 yang menceritakan soal ramalan kiamat pada 21 Desember 2012 membuat resah masyarakat. Film yang diangkat dari ramalan suku Maya itu dianggap lebih bahaya dari artis porno Miyabi.

“Iya, bisa jadi itu lebih bahaya (dari Miyabi),” ujar Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta Amien Abdullah kepada INILAH.COM, Jakarta, Senin (16/11).

Menurutnya, film 2012 yang kini sudah diputar di Indonesia itu merupakan film sensasional yang sudah menyentuh wilayah agama dan kepercayaan. Seharusnya, sebelum film itu diputar LSF (Lembaga Sensor Film) mengadakan debat publik terlebih dahulu soal film itu sebelum memberikan sertifikasi lulus sensor.

Sebab, sambungnya, peradaban bangsa Indonesia masih tergolong rendah yang mudah percaya dengan sesuatu yang sensasional. Karena film itu kini sudah diputar, LSF perlu melakukan sensor terhadap efek yang dihasilkan film itu agar tidak membuat masyarakat semakin resah.

Meski berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat, Guru Besar Filsafat Agama itu berpendapat film 2012 tidak perlu dilarang peredarannya.

“Tidak perlu ada larangan, tapi cukup dengan debat publik saja. Kalau melarang itu malah tidak mendidik, karena itu membatasi hak asasi. Tapi, tetap harus ada yang bertanggung jawab terhadap efek yang muncul dari film itu, dalam hal ini adalah LSF,” ungkapnya.

 

[Raden Trimutia Hatta-inilah]

%d blogger menyukai ini: