Intel: Chip Superkomputer Terbaru dengan 6 Core

Intel mengklaim telah mengembangkan chip generasi Nehalem-EX terbaru untuk digunakan di mesin superkomputer.

Dilansir melalui Maximum PC, Selasa (17/11/2009), chip terbaru Intel tersebut merupakan keluarga baru dari Xeon dan dioptimalkan untuk penggunaan teknologi dalam superkomputer.

Chip yang dilengkapi dengan enam core itu dapat bekerja dengan clock-speed tingkat tinggi dibanding chip versi delapam core. Sebuah chip memiliki performa sekira 256 CPU.

Chip Nehalem baru ini akan tersedia tahun depan.

Ditulis melalui situs yang sama, Intel juga dikabarkan telah menjalin kerja sama dengan NEC untuk mengembangkan teknologi superkomputer baru. Kedua perusahaan bahkan sepakat untuk menghilangkan keterbatasan dalam performa superkomputer dengan meningkatkan kecepatan memori dan skalabilitasnya.

NEC juga berupaya untuk meningkatkan kerja sama dengan Intel untuk mengembangkan Advanced Vector Extensions (AVX), sebuah ekstensi dari arsitektur x86.

Desain prosesor Vektor ini memiliki kemampuan untuk memproses berbagai macam tugas secara simultan. Chip Xeon terbaru memiliki skala prosesing yang kuat, dalam artian mereka dapat menjalankan pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan.

AVX juga akan diperkenalkan Intel pada tahun 2011. (srn)

[Sarie – Okezone]

%d blogger menyukai ini: