Yahoo Akan Buka Perwakilan di Indonesia Januari 2010?

Yahoo akhirnya akan segera membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Namun, Yahoo belum mau mengungkap kapan hal itu akan dilakukan.

Saat dikonfirmasi kapan perusahaan pionir internet itu bakal mulai beroperasi di Indonesia, Senior Director Business Development and Indonesia Country Lead, Yahoo Southeast Asia, Pontus Sonnerstedt, tak mau menjawab secara tegas.

“Kami akan berikan update mengenai hal itu pada kuartal pertama tahun depan,” kata Pontus, menjawab pertanyaan VIVAnews, pada acara Yahoo Open Hack Day, Sabtu 21 November 2009.

Yahoo memang sudah lama tergiur oleh pasar online di Indonesia. Setahun belakangan, Yahoo juga berusaha ‘membuka’ pasar mereka di Indonesia. Tahun ini, Yahoo sudah mengadakan dua ajang besar di Indonesia, yakni Yahoo Mobile Developer Award pada pertengahan Mei lalu, dan acara Yahoo Open Hack Day yang digelar Sabtu dan Ahad ini.

Rencana Yahoo untuk segera masuk ke Indonesia mulai terendus ketika Yahoo merekrut Budi Putra sebagai Country Editor for Yahoo Indonesia. Kabar ini segera menyebar kencang di blogosphere.

Menurut pengakuan Budi di blognya, untuk sementara, ia berkantor di Singapura, sekitar 6-12 bulan sejak ia direkrut pada akhir September, sambil menunggu proses persiapan beroperasinya kantor Yahoo di Indonesia.

Berdasarkan informasi tersebut, Yahoo paling cepat akan hadir di Indonesia sekitar bulan Maret 2010. Namun, menurut Satya Witoelar, pendiri jejaring sosial berbasis lokasi Koprol.com, Yahoo malah akan segera hadir di Indonesia di awal tahun depan.

“Saya dengar mereka akan mempercepat rencana mereka untuk membuka kantornya awal tahun,” kata Satya, saat ditemui pada ajang Yahoo Open Hack Day, di Gedung Balai Kartini Jakarta, Sabtu 21 November 2009.

Boleh jadi kabar itu benar adanya. Apalagi, di ajang Yahoo Open Hack Day, Yahoo membagikan selebaran berisi informasi lowongan kerja kepada para pengembang yang menjadi peserta kompetisi.

Yahoo Open Hack Day
Selebaran dengan judul besar “Yahoo is Hiring” itu, mengumumkan 20 jenis posisi yang sedang dibutuhkan oleh Yahoo, walaupun tak dengan jelas menyebut nama Yahoo wilayah mana.

Dari tulisan yang tertera di selebaran itu, Yahoo sedang mencari posisi-posisi teknikal, antara lain Yahoo Developer Network, Software Engineer, Mobile Product Manager, Mobile Engineer, Quality Assurance Lead, Regional Project Manager, Site Operation Engineer, Mobile Engineer, dan IT helpdesk Manager.

Namun, tersedia pula posisi non teknis seperti Account Manager, Marketing Manager, Optimization Analyst, Sales Manager, Reseller Channel Account Manager, Business Analysis and Operation Channel, Audience Manager, Business Development, dan Editorial.

Yahoo memang sangat optimistis dengan perkembangan pasar online di Indonesia. Menurut Pontus, walaupun jumlah total pengguna Internet Indonesia kurang lebih sama dengan Vietnam dan Filipina, namun Indonesia negara yang berpenduduk lebih besar.

“Saya sudah ke Indonesia sejak setahun lalu. Yahoo tahu persis bagaimana cepatnya perkembangan internet saat ini di Indonesia. Di Indonesia masih ada banyak ruang untuk berkembang,” kata Pontus.

Sambil setengah berseloroh, Pontus juga mengatakan bahwa ia tak akan membiarkan Budi Putra terlalu lama berada di Singapura. “Kami akan segera ke Jakarta,” ujarnya.

Satu Tanggapan

  1. email saya telah diblokir oleh orang lain, mhn bantuan hukum untuk mengungkap orang tsb. Dan tentunya saya mohon keamanannya,agar email saya dapat digunakan lagi. Terimakasih atas perhatiannya.

    Cat:
    mohon balasan komentar ini dikirim ke: hermandharusryanto@ymail.com

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: