Akhirnya Akses Blogger Sudah Terbuka Bagi Fastnet

Akhirnya, First Media membuka blokir terhadap layanan blog milik Google, Blogger.com, kepada para pelanggannya.

Prana, seorang pelanggan Fastnet di bilangan Bintaro Jakarta Selatan, mengaku telah bisa mengakses layanan blog Blogger dari komputernya. “Saya sudah bisa membuka blog-blog di Blogger,” kata Prana kepada VIVAnews, Senin 23 November 2009, sore.

Prana sudah bisa membuka blog resmi Google yang ada di blog resmi Google di Blogger atau blog yang membahas kamera di Blogger.

Namun Prana tetap tak dapat membuka blog komik nabi http://komiknabimuhammad.blogspot.com. yang menghina ajaran agama Islam. “Blog itu tidak bisa terbuka. Bahkan saya klik di tembolok pencari Google, juga tidak terbuka,” kata Prana.

Sebelumnya, banyak pelanggan layanan Fastnet yang mengeluh karena tak dapat mengakses blog mereka di layanan Blogger. Pemblokiran terhadap layanan Blogger dilakukan First Media menyusul perintah Menkominfo yang sebenarnya hanya meminta penutupan akses terhadap blog yang menghina nabi Muhammad, yang juga menggunakan layanan Blogger.

Sementara itu, Direktur Sales & Marketing Mobile-8, Beydra Yendi membantah informasi yang mengatakan bahwa jaringan Mobi Mobile-8 juga ikut memblokir seluruh layanan Blogger.

“Sejauh ini, akses ke Blogger.com: blogspot.com, tidak ada masalah. Seharian ini, tidak ada laporan yang masuk terkait adanya masalah akses ke situs manapun, termasuk dua situs itu,” kata Beydra kepada VIVAnews.

Beydra bahkan sempat mengecek langsung ke dua situs tersebut melalui PC-nya yang tersambung di jaringan Mobil, dan ternyata semuanya berjalan normal. Dari pantauan VIVAnews sendiri, dengan menggunakan perangkat modem Mobi milik Mobile-8, akses ke Blogger.com dan Blogspot.com, juga berjalan normal seperti biasanya.

Di jejaring Twitter, masalah pemblokiran terhadap seluruh layanan Blogger sempat menjadi topik hanyat. Bahkan Tweet yang berseliweran secara luas mengatakan bahwa bukan hanya First Media saja yang memblokir seluruh layanan Blogger, melainkan juga Smart, Mobi Mobile-8, dan CBN.

[Vivanews]

%d blogger menyukai ini: