Tips-Trik Memperluas Jaringan Sosial Online

Sebanyak 600 juta orang aktif di jejaring sosial, blog dan situs foto. Jika sering online, tips berikut akan berguna untuk memperluas jaringan sosial di online.

Synovate melakukan suatu studi untuk Microsoft yang ditujukan pada usia antara 15-24 tahun di Asia. Studi itu menunjukkan bahwa kaum muda Asia menghabiskan waktu rata-rata hampir 5 jam (4,8 jam) perhari untuk online.

Jika belum ‘melompat’ masuk ke rangkaian jejaring sosial, berikut beberapa tips yang dapat membantu menjadi social butterfly atau menjadi bintang dalam pergaulan sosial online.

1. Bersikaplah Selektif

Terdapat banyak sekali jaringan sosial di luar sana melebihi yang bisa dibayangkan. Coba pelajari beberapa pilihan terpopuler seperti Facebook, Ning, LinkedIn, Twitter, De.li.cious, Flickr, dan Picasa Web.

Tanyakan apakah yang diinginkan dari kegiatan ini? Apakah ingin menambah teman? Apakah ingin mempromosikan hasil karya atau musik ciptaan? Apakah hanya ingin memiliki medium untuk berbagi gagasan? Jika ingin meraih semua tujuan di atas, mungkin harus mempertimbangkan Windows Live home page, Facebook, MySpace atau Friendster.

2. Tetap Fokus

Jika harus memutuskan untuk berpartisipasi dalam lebih dari satu jejaring sosial, maka untuk mengecek satu persatu perkembangan terbaru setiap hari pasti akan sangat melelahkan.

3. Siapakah Anda?

Orang senang memasang profil ‘wajah’ pada nama. Boleh saja memasang foto diri yang menarik dan menulis profil diri secara detil. Namun jika identitas terlampau berlebihan, maka hal ini justru akan menarik para cyber-stalkers. Pandai-pandailah mengatur dan menjaga informasi tentang diri yang ingin anda tampilkan, buatlah pengaturan privasi secara baik.

4. Tetap Aktif

Pastikan bahwa Anda berhubungan dengan teman-teman secara rutin, misalnya ikut ambil bagian dalam diskusi online, memperbaharui status atau juga turut berpartisipasi dalam memberi pendapat dari waktu ke waktu.

Pasti Anda tidak ingin ketinggalan dalam pergaulan dunia online. Satu hal lagi yang penting adalah, jangan pernah banjiri teman-teman dengan links, pesan-pesan, komentar dan konten, sebab akan dicap sebagai spammer.

5. Have Fun!

Berhubungan dalam jaringan sosial secara online sangat menyenangkan. Jadi buatlah segalanya menjadi menjadi sederhana! Menggabungkan jaringan sosial adalah permulaan yang sangat baik. Bagaimanapun, pada akhirnya adalah soal menambah teman, bersosialisasi dan berbagi kepentingan yang sama.

Lalu bagaimana caranya untuk menjadi Social Butterfly?. Terminologi Social Butterfly biasanya diperuntukkan bagi seseorang yang suka lompat dari satu pesta ke pesta lainnya.

Sekarang adalah eranya Social Butterfly online, yakni melompat dari satu jaringan sosial online ke yang lainnya untuk tetap terupdate dengan informasi terkini dari berbagai lingkungan jaringan sosial online-nya.

Anda adalah seorang Social Butterfly apabila:

1. Memiliki ratusan teman dan kontak di beberapa jaringan sosial seperti Facebook, MySpace, Twitter, LinkedIn, Windows Live dan Friendster.

2. Menghabiskan waktu lebih dari dua jam sehari untuk berpartisipasi di beberapa jaringan sosial untuk tetap berhubungan dengan teman-teman, membagi berita terkini dengan komunitas, upload foto, mencoba berbagai ragam kuis, mempersonalisasikan halaman dan hal lainnya.

3. Tidak bisa berhenti untuk masuk ke jaringan sosial baik melalui PC, laptop ataupun HP setiap kali mempunyai waktu luang

4. Seringkali masuk ke situs jejaring sosial untuk sekedar mengintip di saat Anda sedang bekerja.

5. Merasa terputus dari dunia luar, apabila tidak online atau belum terkoneksi ke berbagai situs jaringan sosial Anda setiap harinya.

[inilah]

%d blogger menyukai ini: