YouTube Umumkan URL Pendek Youtu.be

YouTubeAlamat URL pendek untuk memudahkan sharing link melalui berbagai situs jejaring sosial dilirik YouTube. Situs berbagi video tersebut pun meluncurkan alamat URL pendeknya dengan alamat youtu.be.

Pemendek URL yang merupakan alat untuk mengubah alamat internet yang panjang menjadi string dan karakter random yang lebih pendek ini hanya bisa dipakai untuk memendekkan alamat link YouTube. Pemanfaatannya akan membantu penyebaran link YouTube ke berbagai situs sosial seperti Twitter, Facebook, dan lainnya.

Sebelum YouTube, Google dan Facebook sebelumnya sudah lebih dulu memanaatkan pemendek URL seperti itu. Google meluncurkan Goo.gl sementara Facebook menggunakan Fb.me. Goo.gl hanya dipakai pada layanan Toolbar dan RSS feed di layanan Feedburner dan sampai saat ini tidak digunakan di layanan lainnya. Sementara Fb.me baru didesain untuk layanan mobile.

Seperti dilansir Telegraph, Pemendek URL mulai populer sejak 18 bulan terakhir sejak dipopulerkan TinyURL dan bit.ly. Pemanfaatan pemendek URL naik drastis karena memudahkan para pengguna internet untuk berbagi link melalui situs mikroblogging seperti Twitter dan Plurk yang membatasi jumlah karakter dalam setiap postingnya.

Bit.ly merupakan pemendek URL yang paling banyak dipakai di Twitter. Hampir 75 persen pemendek URL yang beredar di situs mikroblogging tersebut adalah bit.ly. Bulan lalu, bit.ly telah mencatat 2 miliar link alamat internet atau naik drastis dari hanya 11,8 juta link pada tahun lalu.

[kompas]

Satu Tanggapan

  1. […] dan YouTube baru saja menyediakan layanan penyingkat url (universal resource locator/ alamat internet). Mungkin sudah mulai banyak yang menjajal layanan […]

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: