Jadi CEO Apple Digaji Hanya US$1, Mau?

Steve Jobs CEO AppleSebagai salah satu pendiri Apple, sekaligus menjabat Chief Executive Officer (CEO) tentunya Steve Jobs akan dibayar dengan gaji selangit untuk posisinya tersebut. Akan tetapi kenyataanya tidak, Apple hanya membayarnya sebesar USD1 saja atau sekira Rp9 ribu.

Namun, gaji yang diterimanya sejak tahun 1997 itu tidak bisa membuat Steve Jobs bergelimang uang, malahan dia mendapatkan pemasukan uang sebesar USD1 miliar dari perusahaan yang menciptakan iPhone, iPod, dan MacBook tersebut. Lalu dari mana tambahan penghasilan yang didapatkan pria yang sempat jatuh sakit tersebut?

Dari berita yang dilansir Apple Insider, Sabtu (26/12/2009), Steve Jobs memiliki sekira 5,5 juta lembar saham Apple, itu tidak berubah sejak tahun 2003. Melalui hasil saham, dia mempunyai nilai di perusahaan Apple tersebut mencapai lebih dari USD1 miliar. Sedangkan gaji USD1 yang Jobs dapat, merupakan uang ‘formal’, karena dia mengerjakan tugasnya sebagai CEO di Apple.

Awal 2009, Steve Jobs sempat melepaskan jabatannya sebagai CEO karena menjalani operasi transplantasi hati, yang membuat dirinya harus berbaring cukup lama untuk pemulihan. Pada awal Juni, setelah dirinya merasa sehat, Jobs pun langsung mengambil alih pucuk pimpinan tertinggi di Apple.

Bahkan berkat kerja kerasnya dia diganjar predikat Best Performing CEO dari Harvard University. Jobs juga sukses meraih penghargaan CEO of the Decade dari majalah Fortune. Malahan, majalah Time juga menempatkannya sebagai finalis Person of the Year 2009.

[okezone]

%d blogger menyukai ini: