Hati-Hati! Serangan Phishing Makin Menggila

Yahoo Messenger YM pishingPishing yang sering diplesetkan menjadi Fishing (Memancing; Pancingan) adalah sebuah tindakan SCAM yang ditujukan guna mencuri data-data pribadi para korbannya. Tidak jarang pelaku menipu dengan mengaku-ngaku sebagai pihak Yahoo ataupun Facebook. Malah ada yang sampai membeli domain tertentu guna meyakinkan calon korban.

Serangan phishing yang berujung pada kejahatan internet makin menggila di Desember ini. Menurut survei dari Network Box, itu tidak terlepas dari musim liburan Natal dan tahun baru yang datang pada akhir tahun.

Peningkatan phishing terjadi selama satu bulan, diungkapkan Network Box, bertumbuh pesat hingga mencapai persentase 57 persen, atau naik dua kali lipat jika dibandingkan pada November yang hanya berkisar pada angka 28,3 persen saja. Penyebabnya jelas musim liburan Natal yang sering digunakan para pengguna internet untuk mencari informasi mengenai hadiah dan lokasi berlibur.

“Para penjahat dunia maya itu memanfaatkan rutinitas tradisional yang bergulir setiap setahun sekali. Karena saat Natalan ini, perputaran uang juga mencapai puncaknya,” jelas Analisis Network Box Simon Heron, seperti yang dikutip Vnunet, Kamis (31/12/2009).

“Natal membuat aksi phishing makin merajalela, dan itu akan berlanjut sampai dengan Januari saat belanja online masih terus dilakukan,” tambahnya.

Melalui lembaga itu pula ditemukan kalau negara Brasil menjadi negara yang paling banyak mengirimkan spam berisi virus, dengan pencapaian presentase 20.9 persen. Selain itu, Network Box juga mengingatkan akan adanya serangan yang berasal dari India, yang saat ini memang masih mempunyai presentase 4,1 persen.

%d blogger menyukai ini: