[Tips] Transaksi Aman via ATM dan Call Center Bank2

Kasus pembobolan sejumlah Bank ternama di daerah Bali membuat panik para nasabah. Meskipun belum dilaporkan terjadi rush, namun beberapa media menjadikan berita ini sebagai headline di surat kabar.

Berikut ini tips aman bertransaksi melalui mesin ATM:

  1. Jagalah kerahasiaan PIN ATM Anda
  2. Pastikan tidak ada yang melihat/mengintip nomor PIN Anda saat menekan tombol PIN
  3. Tutup dengan tangan saat menekan nomor PIN
  4. Jangan pernah memberitahukan PIN kepada siapapun, termasuk pihak Bank. Petugas Bank tidak pernah menanyakan PIN
  5. Lakukan penggantian PIN secara berkala
  6. Jangan mencatat PIN di dompet/kertas/ponsel/PDA
  7. Simpan atau sobek bukti transaksi/receipt, jangan dibuang dalam keadaan utuh.
  8. Saat membayar dengan kartu debit, pastikan kartu ATM digesek di depan Anda.
  9. Segera ubah PIN jika dirasa kurang aman atau setelah terkena modus penipuan
  10. Jangan terlalu percaya untuk dipandu untuk melakukan transaksi/register Phone Banking, SMS Banking atau transfer melalui ATM dengan alasan mendapat hadiah/transaksi jual beli/kontrak/sewa
  11. Konfirmasi ke petugas Call Center untuk memastikan ada program-program undian/hadiah yang berkaitan dengan produk Bank.
  12. Periksa mesin ATM apakah ada kamera tersembunyi yang tidak mengarah ke Anda tetapi mengarah ke tombol PIN.
  13. Selesai bertransaksi menggunakan ATM, masukkan kembali kartu ATM Anda dan input secara acak/sembarang PIN, lalu tekan Batal/Cancel.

CALL CENTRE RESMI PerBANKan

  • Bank Mandiri: 14000 atau (021) 5299 7777
  • Bank BCA: 500888
  • Bank BNI: (021) 5789 9999
  • Bank BRI: 14017
  • Bank Niaga: 14041
  • Bank Mega: (021) 7917 5555
  • Bank Permata: 63399
  • Bank Danamon: 67777 atau (021) 3435 8888
  • Bank Syariah Mandiri: (021) 52997755

Satu Tanggapan

  1. saran bagus….. dan bank juga harus melindungi nasabahnya…

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: