BlackBerry Curve 8520 Gemini Lebih Murah, Tetap Tampil Mewah

blackberry curve 8520Ponsel besutan vendor asal Canada ini menawarkan harga yang relatif terjangkau. Namun, tetap menyediakan fitur dan fasilitas yang lengkap, tak jauh beda dengan seri sebelumnya.

Secara fisik, BlackBerry 8520 alias Gemini serupa dengan Javelin maupun Tour. Wajar, ketiga seri ini memang berasal dari portofolio di keluarga yang sama, yakni Curve. Hanya, bodi Gemini terlihat lebih mungil ketimbang dua seri sebelumnya.
Perbedaan mencolok di sisi disain adalah material cover, keypad dan layar. Untuk material cover Gemini, bahan yang digunakan merupakan kombinasi plastik lembut dan karet. Alhasil, smartphone ini pun tahan banting.

Di sektor keypad, meski sama seperti Javelin, Tour maupun Bold, sayang, tombol QWERTY Gemini terasa lebih mini dibanding tombol QWERTY seri lainnya.

Soal layar, BlackBerry Gemini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar ketimbang Javelin. Yakni, 2.64 inci. Namun, untuk resolusi layar kalah jauh. Gemini hanya 320×240 piksel, sementara Javelin 480×360 piksel. Jenis layar yang digunakan sama, yaitu TFT 65.536 warna.

OS dan Interface

Tak seperti Tour, BlackBerry Gemini masih menggunakan versi sistem operasi lama, yakni v4.6.1, serupa Javelin maupun Bold.

Soal interface, Curve 8520 ini identik dengan handset ber-versi software yang sama dengannya: Javelin dan Bold. Struktur serta ikon menu yang digunakan pun serupa.

Aplikasi dan Fitur BlackBerry
Seperti model-model terdahulu, BlackBerry Gemini tetap membawa fasilitas khas. Sebut saja Push Mail, yang untuk saat ini masih belum ada tandingannya secara komersil.

Untuk pengaturannya, OS BlackBerry sudah menyuntikan kemampuan setting otomatis via setup Wizard. Jadi, tak perlu repot lagi mengatur sana-sini layaknya Pull Mail di ponsel-ponsel lain.

Fitur khas lainnya ada BlackBerry Messenger, yang memungkinkan kita berkomunikasi secara real time layaknya chatting menggunakan akun chat dari client chat standar, yang juga disediakan (Yahoo! Messenger, Google Talk, ICQ, Windows Live dan AIM).

Seperti halnya ponsel bersistem operasi Symbian, Windows Mobile maupun Android, OS BlackBerry pun sifatnya terbuka dan masih bisa ditambahkan dengan berbagai aplikasi hasil kembangan pihak ketiga

Tak seperti Bold dan Curve 8320, BlackBerry 8520 tak dilengkapi receiver GPS internal. Namun, untuk sekadar memantau lokasi tertentu Gemini bisa mengandalkan jalur LBS operator. Peta digital khas BlackBerry pun siap sedia untuk dijelajahi.

Multimedia

BlackBerry Gemini dilengkapi kamera berkekuatan 2 MP, sama seperti Bold. Hanya saja, tak dilengkapi dengan LED flash dan auto fokus. Meski terlihat kurang terang, karena serapan cahayanya minim, namun ditail gambar bisa tampil sempurna dan halus. Gambar maksimal yang bisa direkam adalah 1600×1200 piksel.

Selain itu ada juga pemutar musik/video, Image/Pictue Viewer, Voice recording serta beberapa buah game. Sayang, meski memiliki sistem operasi terbuka, Anda tak bisa begitu saja menyisipkan berbagai konten pihak ketiga ke Curve 8520 ini.

Pasalnya, memori internal yang disandang smartphone ini terbilang kecil untuk ponsel seukurannya. Yakni, hanya sebesar 256 MB (shared). Sementara, aplikasi dari luar pun hanya bisa diinstal ke memori internal. Meski demikian masih didukung dengan slot kartu micro SD yang berkapasitas maksmal 16GB. Sama seperti Tour maupun Javelin.

Konektivitas & Network

BlackBerry Curve 8520Soal koneksi, Gemini menyediakan sarana yang memukau. Ada WiFi, Bluetooth dan kabel data microUSB. Soal performa, masing-masing media koneksi tersebut sanggup bekerja dengan maksimal. Namun, apalah arti sebuah WiFi jika Anda hanya memanfaatkannya untuk sekadar iseng mencari teman. Secara keseluruhan, jalur koneksi ponsel ini cukup baik dan bisa bekerja dengan maksimal.

Seperti BlackBerry kebanyakan, kemampuan browsing internet smartphone ini menggunakan browser khas BlackBerry. Untuk network-nya, BlackBerry Gemini hanya disupport jaringan EDGE itu pun hanya kelas 10.

Baterai
Baterai yang digunakan Gemini sama dengan Javelin dan Tour, jenisnya lithium ion. Hanya, kapasitas powernya saja yang sedikit beda.

Di Curve 8520 menerapkan baterai sebesar 1150 mAh, kalah besar dibanding Tour yang bisa mencapai 100-an kilo gram. Sekali pengisian bisa bertahan 2 hari dengan penggunaan standr

Kesimpulan

(+) Pushmail, BIS/BES, WiFi, 3.5 mm audio slot, TrackPad

(-)Tidak 3G, Tanpa GPS internal, keypad QWERTY terkesan mungil

[Tabloid Pulsa]

%d blogger menyukai ini: