Review Lengkap: Nokia N97 Mini

Sejak mengusung tajuk Connecting People, Nokia tidak hanya berfokus pada kematangan teknologi tapi juga kemapanan desain yang akan memudahkan setiap pengguna produk mereka.
Berbagai riset dan olah desain digelontor untuk menghasilkan produk yang mampu berperan sebagai duta Connecting People. Bukan hanya produk anyar, produk-produk yang telah dikeluarkan sebelumnya pun mendapat porsi perbaikan desain. Begitu pula yang dilakukan pabrikan ponsel asal Finlandia terhadap Nokia N97.

Tidak puas dengan N97, Nokia pun meluncurkan Nokia N97 mini yang dipercaya mampu meneruskan legenda Nokia sebagai pemimpin pasar di pasar ponsel Tanah Air. Bebagai perbaikan dikenakan pada ponsel ini. Terutama ukuran fisiknya. Sesuai dengan namanya, N97 Mini memiliki ukuran lebih ringkas dibandingkan seri N97 sebelumnya.

DESAIN
Ditilik dari segi desain, tidak ada perubahan mencolok antara Nokia N97 Mini dengan N97, kecuali ukurannya lebih kecil 4mm dari N97. Meskipun perubahan yang signifikan hanya terjadi pada sisi dimensional ruangnya, justru hal tersebut membawa efek positf bagi ponsel ini. Lebih nyaman di genggaman dan lebih ringkas dalam saku. Tidak ada sudut tajam pada ponsel ini juga menjadi nilai tambah berikutnya.
Pengujian: Menganalisa bentuk dan detil rancangan ponsel
Nilai : 3,4
Catatan: Ergonomis dan tidak mudah terpeleset dari genggaman

LAYAR
Layar N97 mini memiliki resolusi sebesar 16 juta warna, dengan layar sentuh berjenis resistive. Bila dilihat dari diagonalnya, ukuran layar N97 mini menyusut 0.3” dari yang dimiliki oleh N97, yaitu dari 3.5” menjadi 3.2”. Namun, justru peningkatan aspek rasio pixelnya meningkat bila dibandingkan dengan N97 (360 x 640 pixel). Resolusi nHD memang terlihat baik untuk menampilkan berbagai gambar dan film, hanya saja untuk beberapa titik gambar kualitasnya masih kalah dengan WVGA.
Pengujian: Menampilkan gambar di berbagai kondisi
Nilai : 3,5
Catatan: Perlu agak sedikit kuat menekan layar saat mengakses touchscreennya.

KAMERA
Tidak terdapat banyak perubahan pada fitur kamera. Bahkan semua variabel kamera yang ada di N97, dicangkokkan pula di Nokia N97 mini. Lensa optik milik Carl Zeiss yang berkapasitas 5 Mpix masih dipercaya untuk menemani ponsel ini. Untuk pengambilan gambar dengan mode macro, ponsel ini patut diacungkan jempol karena detail yang dapat diangkat terlihat nyata dan jernih.
Pengujian: Mengambil gambar berbagai objek
Nilai : 3,2
Catatan: Tidak ada pelindung (cover) lensa, jadi berpeluang tergores.

BROWSER
Browser yang tidak jauh berbeda dengan yang dibawa pendahulunya, cecara keseluruhan bekerja dengan baik. Tapi untuk beberapa fungsi tap, browser ini agak sulit merespon. Panning dan skrolling kinetiknya memiliki senstivitas sentuh yang cukup tinggi. Hanya dengan sentuhan tipis layar akan menggulung dengan cepat. Sementara untuk melakukan pembesaran (zoom) Anda dapat melakukan tap 2x pada layarnya. Nah, saat melakukan pembesaran ini fungsi tapnya agak tersendat.
Pengujian: Mengakses laman situs
Nilai : 3,4
Catatan: Tidak ada pilihan fit-to-width atau fit-to-height untuk membuat tampilan laman lebih nyaman

KONEKSI
Koleksi koneksi nirkabel yang dibawa N97 mini terbilang lengkap. Ragam pilihan seperti
GPRS, EDGE, 3G/HSDPA dapat Anda gunakan. Hanya saja, semuanya kembali pada jaringan yang sedang tersedia saat Anda menggunakan ponsel ini. Lain halnya dengan WiFi UpnP yang selalu setia menemani Anda dalam berselancar dalam hotspot. Wifi managernya mudah digunakan dalam proses mencari dan terhubung pada jalur hotspot.
Pengujian: Koneksi internet melalui
Nilai : 3,1
Catatan: Tidak ada tombol shortcut untuk mengakses WiFi Manager

MUSIK
Bila dibandingkan dengan musik yang dimiliki oleh S60 versi 3 lainnya, seperti 5800 XpressMusic, apa yang dibawa N97 mini sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya ada penambahan kosmetik di sana–sini sehingga lebih optimal dalam fungsi. Meskipun bukan dari keluarga XpressMusic, namun kemampuan N97 mini dalam memainkan musik cukup memadai. Music library-nya secara otomatis akan merunutkan lagu berdasarkan artist, album, genre dan composer.
Pengujian : Memainkan berbagai jenis musik
Nilai : 3,2
Catatan: Untuk unduh dan unggah lagu lebih mudah menggunakan PC suite.

MESSAGING
Melihat desainnya yang memiliki thumboard, bisa diduga segmen ponsel ini adalah kalangan kantoran dan salah satu fitur unggulannya adalah optimalisasi email dan message. N97 mini mendukung berbagai tipe pengiriman pesan singkat baik teks maupun bergambar seperti SMS dan MMS. Desain tombol thumboard cukup mendukung untuk menulis pesan panjang. Sementara pengaturan emailnya sederhana. Jika Anda pengguna email gratisan, maka yang perlu Anda lakukan hanya memasukan nama dan password dalam pengaturan emailnya. Ponsel ini mendukung POP atau IMAP profil.
Pengujian : Pengaturan email dan berkirim email
Nilai : 3,5
Catatan: Pesan suara pun dapat dilakukan ponsel ini.

FILE MANAGER
Sebagai ponsel yang mendukung kerja kantoran, fitur file manager rasanya tidak boleh ditinggalkan. Dengan softkey pada bagian bawah ponsel ini, maka akses file manager menjadi lebih cepat dan mudah. Penataan file berdasarkan tipe dan tanggal pembuatan dapat digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Selain itu, Anda juga dimungkinkan untuk memasang password sebagai perlindungan memory card. Berbagai fitur dasar pengelolaan file seperti search bekerja dengan baik pada ponsel ini.
Pengujian: Organisasi file
Nilai : 3
Catatan: Fitur manajamen filenya terbilang lengkap

FM RADIO
Interface FM Radio yang dibawa oleh ponsel ini terbilang sederhana. Mengedepankan RDS, radio ponsel ini dapat melakukan scan frekuensi dengan menampilkan identitas stasiun radio tersebut. Radio ponsel ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan lagu atau dialog yang sedang disiarkan sebuah stasiun radio. Meskipun bukan sesuatu yang mengganggu, namun bila font yang disematkan pada fitur radio ini diperbesar akan lebih memudahkan dalam penggunaan radio.
Pengujian : Memutar Radio
Nilai : 3,1
Catatan: Kehadiran RDS sangat membantu dalam mengenali identitas stasiun radio.

Kinerja
Secara keseluruhan ponsel keluaran Nokia ini menunjukan performa yang memadai. Selain itu, perubahan ukuran desain merupakan langkah cerdas yang dilakukan oleh Nokia untuk melariskan produknya di pasar. Beberapa spesifikasi memang terlihat menurun bila dibandingkan dengan yang dibawa oleh N97, namun hal tersebut tidak membuat ponsel ini menjadi kehilangan daya untuk bersaing.

SKOR AKHIR : 3,2

Kinerja Baterai

Baterai berkapasitas 1200 mAh cukup memadai untuk mendongkrak tenaga ponsel ini. Saat digunakan untuk berkomunikasi selama lebih dari 2 jam, ditambah lagi dengan akses internet serta mendengarkan musik baterai ponsel ini hanya berkurang 2 bar dari kondisi penuh 4 bar.

HASIL PENGUJIAN AUDIO :
Music 95,7 dB
Ringtone 87,3 dB
Human voice 90,3 dB

%d blogger menyukai ini: