Penipu Undian XL Berhasil Dibekuk, Moga Jera Deh!

Kepolisian Daerah Metro Jaya berhasil membekuk kelompok jaringan penipu pelanggan seluler dalam suatu penggerebekan di daerah Bogor, Rabu (17/2). Sebanyak 8 pelaku beserta berbagai barang bukti berhasil diamankan polisi.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan bahwa keberhasilan penangkapan mereka ini berdasarkan kerjasama antara kepolisian dan masyarakat.

“Sudah banyak laporan masyarakat yang masuk, baik yang telah tertipu maupun yang mendapatkan SMS berindikasi penipuan,” ujar Boy Rafli.

Sementara itu, Head of Corporate Communication XL, Febriati Nadira menyatakan bahwa aksi penipuan juga telah mencemarkan nama XL karena para penipu mengatasnamakan XL dalam menjalankan aksi kejahatannya. Selanjutnya XL berharap dari penangkapan ini polisi akan bisa mengungkap jaringan penipuan yang diduga masih ada.

“XL menyambut baik keberhasilan Polda Metro Jaya dalam menangkap kelompok penipu ini. XL mendukung usaha kepolisian ini sebagai bagian dari upaya melindungi pelanggan XL dari usaha kejahatan,” lanjut Ira

Menurut keterangan polisi, sejauh ini ada dua korban pelanggan XL yang telah tertipu kelompok ini. Salah satunya bernama Maqaman Mahmuda, warga Jakarta Pusat yang melaporkan telah kehilangan uang Rp20 juta. Kelompok penipu ini melakukan tindak pidana penipuan dengan cara menghubungi korban dengan pura-pura memberitahukan bahwa yang bersangkutan memenangkan hadiah dari XL.
Selanjutnya salah seorang dari pelaku memandu korban untuk mendatangi ATM tedekat dan menekan angka di ATM sesuai dengan instruksi yang diberikan. Padahal, tanpa sepengetahuan korban, angka-angka yang ditekan adalah nominal uang yang ditransfer ke milik pelaku.

Atas berbagai upaya penipuan terhadap pelanggan XL semacam ini, XL menyarankan kepada seluruh pelanggan untuk memastikan informasi terkait dengan hadiah ke operator melalui website resmi http://www.xl.co.id atau di-check melalui customer service XL (XL Center, Call Center 817 & email). Bahwa pengumuman pemenang atas program undian berhadiah yang resmi dari XL selalu dipublikasikan melalui media massa (koran, majalah, dll) XL akan menghubungi langsung pemenang yang bersangkutan untuk memberitahukan secara resmi.

Seluruh program undian berhadiah yang digelar oleh XL maupun yang merupakan kerjasama eksklusif dengan pihak penyedia konten tidak pernah membebankan atau meminta pelanggan untuk membayar pajak undian atau pajak pemenang.

Kepada pelanggan yang telah menjadi korban penipuan atau memiliki informasi dugaan aksi penipuan bisa melapor melalui SMS ke nomor pengaduan 1112 (Mabes Polri) atau melalui telepon nomor 117 (Polda Metro Jaya).

Satu Tanggapan

  1. saya paling kesal dengan pelaku penipuan seperti ini, andai saya bisa mengeksekusi para pelaku yang tertangkap, akan saya uleg jadi sambel, bener…!

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: