Nokia 2730 Classic: Murah, 3G dan Kemudahan Email

Nokia 2730 Classic

Biasa-biasa bukan berarti tak ada yang bisa diunggulkan. Meski kehadirannya di pasar jauh dari kesan ‘wah’, Nokia 2730 Classic tetap menyimpan potensi terpendam. Membidik celah yang belum tersentuh di pasar low end, seri terbaru Nokia ini siap menjaring peminat.

Jika menilik kemampuan Nokia 2730 Classic secara keseluruhan, sebenarnya tak ada yang terlalu menonjol. Namun, di kelasnya ponsel ini sebenarnya cukup memikat berkat kemampuan messaging papan atas serta dukungan jaringan setara 3G.

Interface
Tampilan ponsel ini sangat sederhana dan tak macam-macam. Layaknya tipe klasik lainnya. Disain candybar alias batang, separuh lebih bagian depan dipoles plastik glossy berwarna hitam dipadukan sepuhan warna logam.

Soal layar, Nokia sepertinya merasa cukup menyuntikkan LCD TFT dengan kekuatan 262.144 juta warna (320 x 240 pixel) pada display dengan diagonal 2 inci.

Tampilan antarmuka Series 40 pada Nokia 6730 Classic sudah mengandalkan ikon yang mirip model Symbian S60 3rd Edition FP terbaru. Meski tanpa efek animasi atraktif, rasanya menu grid yang tertampil cukup memuaskan.

Multimedia
Tanpa harus memposisikan diri sebagai ponsel multimedia, kelengkapan Nokia 2730 Classic di sektor ini tetap bisa diandalkan. Tidak mutakhir tapi teknologi yang ditancapkan masih belum ketinggalan jaman.

Didukung dengan kamera 2 megapiksel namun tanpa autofokus ataupun lampu kilat.   Ketajaman gambar dan komposisi warna tak sebagus pada kamera ponsel 2 megapiksel lain semisal Nokia 5230 XpressMusic. Apalagi viewfinder pada ponsel ini sempit, sehingga sudut yang tertangkap kamera tak begitu luas.

Untuk merekam video, kamera ini hanya mampu merekam sebatas 176×144 pixels (CIF) dengan frame rate maksimum 10 fps. Video akan muncul dalam format 3gp yang bisa diputar lewat video player standar.

Konektivitas
Meski 2730 Classic bermain di segmen low end, namun suguhan untuk akses layanan data pada ponsel ini layak diperhitungkan. Dengan kemampuan jelajah sekelas 3G, ponsel ini mampu menelusuri website pada kecepatan maksimal 128/384 kbps (upload/download).

Untuk menunjang akses dunia maya, Nokia 2730 Classic dipersenjatai Opera Mini 4.1. Alhasil akses data lebih cepat ketimbang browser bawaan yang biasa dipakai vendor Finlandia tersebut. Selain itu, kinerja kompresi data yang dimiliki Opera Mini lebih baik sehingga biaya GPRS lebih irit.

Berbicara transfer data, 2730 Classic dilengkapi Bluetooth yang mendukung A2DP untuk memindahkan file atau dokumen secara nirkabel. Juga tersedia port kabel data untuk mentransfer data via PC. Nokia 2730 Classic bisa juga dimanfaatkan sebagai modem meski merupakan ponsel low end.

Messaging

Dalam hal messaging dan email, Nokia 2730 Classic tergolong lengkap di kelasnya. Fitur email pada ponsel ini benar-benar dioptimalkan. Begitu mengakses menu email maka pengguna disodori banyak pilihan mulai dari Ovi Mail, AIM Mail, AOL Mail, Windows Live Hotmail, Yahoo Mail dan Gmail.

Hal menarik, pengguna bisa menambah beberapa akun sekaligus di masing-masing penyedia layanan email. Juga akun di luar layanan email seperti Yahoo, Gmail, Hotmail dan lain-lain, pengguna bisa menambahkan akun tersendiri.

Selain itu, begitu memasuki akun email, pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur mulai dari Open, Reply, Quick Reply, Delete, Delete Many, Compose New, Forward, Mark Unread, Save Adress, Move, Folders, E-mail alerts, Signature, Setting, Help dan Refresh.

Khusus Ovi Mail, Nokia menyediakan akses khusus untuk mendapatkan email baru di Get Ovi Mail. Juga layanan instant messaging Ovi terintegrasi yang bisa diakses di menu messaging > IMs.

Hardware
Memori internal ponsel ini diklaim sebesar 30 MB, namun karena sifatnya terbagi, yang tersisa untuk penyimpanan hanya sekitar 12,3 MB. Untung disediakan slot memori eksternal untuk kartu microSD dengan kapasitas maksimal 2GB.

Untuk penunjang aktivitas ponsel, vendor menyediakan baterai lithium ion dengan kapasitas 1050 mAh. Untuk kelas 2730 Classic, rasanya support yang diberikan baterai ini sudah cukup. Dalam pemakaian normal, baterai sanggup bertahan 2 hari setiap pengecasan maksimal.(*)

Kesimpulan

(+) 3G, support messaging lengkaap (akses langsung akun email seperti Ovi, Yahoo, Gmail, dll), Nokia Maps, port audio 3,5 mm, Opera Mini

(-) Fitur multimedia standar, disain biasa, layar kecil.

%d blogger menyukai ini: