FullTrek, Portal Musik Telkom Didukung RRI

Banyaknya penggemar musik di tanah air ternyata tidak diimbangi jumlah media musik yang memadai. Hal inilah yang kemudian membuat Telkom meluncurkan portal musik bernama Fulltrek.

“Kami hanya ingin membantu mempermudah para penggemar musik untuk mendengarkan lagu idolanya. Di Indonesia banyak pemusik dan penggemar musik namun medianya tidak begitu banyak,” ujar Direktur Consumer Telkom I Nyoman G Wiryanata, saat peluncuran layanan konten musik FullTrek.com di Gedung RRI, jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (3/3/2010) malam.

Portal ini melengkapi konten layanan musik yang dimiliki Telkom. Sebelumnya, Telkom pun meluncurkan situs musik di bawah naungan layanan Speedy Telkom bernama SpeedyTrek. Bedanya, menurut Nyoman, jika SpeedyTrek lebih menampilkan berita-berita seputar musik, dengan penyajian musik band-band indie, FullTrek lebih menampilkan musik dari label-label ternama, lengkap dengan versi lengkap lagu yang dapat diperdengarkan atau di download dan video yang dapat di lihat.

Selain menampilkan lagu yang bisa didownload melalui komputer dan ponsel, lagu-lagu tersebut juga bisa dinikmati secara streaming, download ringbacktone, true tone, dan lainnya. Anggota komunitas juga bisa membuat playlist berupa album digital serta dapat menuliskan lirik lagu favorit.

“Yang dibutuhkan hanya terhubung dengan koneksi internet. Portal ini juga akan menjadi daya tarik akses kecepatan Speedy yang menghadirkan musik dan video,” ujar Nyoman.

Ditambahkan Nyoman, pasar musik digital di Indonesia cukup besar dan memiliki prospek yang cerah. Ditambah dengan jumlah pelanggan Flexi yang hingga kini mencapai 15,5 juta dan pelanggan Speedy mencapai 1,2 juta.

“Jumlah pelanggan tersebut merupakan basis yang prospektif untuk memasarkan musik dan berbagai konten digital lainnya,” ujar Nyoman.

Dalam peluncuran portal musik, Telkom juga menandatangani nota kesepahaman dengan Radio Republik Indonesia (RRI) yang menyepakati aktivitas digitalisasi kontan yang dimiliki RRI secara nasional. Konten tersebut berupa liputan khusus, karya musik lokal dan etnis daerah, serta konten RRI lainnya yang akan ditampilkan bersama dalam portal FullTrek ini.

Sayangnya, Nyoman enggan menyebutkan biaya Telkom yang diambil untuk mendanai portal ini. Yang jelas, dana tersebut diambil dari kas layanan VAS Telkom yang jumlahnya tidak banyak.

%d blogger menyukai ini: