Android Terus Tumbuh, BlackBerry Tetap Raja

Data terbaru dari perusahaan riset pasar comScore menunjukkan Apple memegang seperempat pasar smartphone AS, yang tumbuh sekitar 18 persen selama enam bulan terakhir.

Pencapaian itu membuat iPhone smartphone nomor dua di Amerika Serikat, meskipun masih tertinggal jauh di belakang nomor satu RIM. Sedangkan perangkat berbasis Android popularitasnya masih berkembang pesat.

Selama beberapa bulan terakhir data comScore menunjukkan RIM dan Apple memegang 43 persen dan 25,1 persen bagian pasar.

Tidak mengejutkan, Palm (termasuk WebOS dan PalmOS) dan perangkat bertenaga Microsoft terus turun.

Namun perangkat berbasis Android terus meningkat tajam, cukup untuk membuat gerhana bagi Palm dan mengambil tempat keempat di pasar AS.

Meskipun Apple masih tertinggal secara signifikan di belakang RIM dalam kategori ini, perlu dicatat Apple telah mampu memegang bagian yang cukup stabil selama beberapa bulan terakhir.

Meskipun ada siklus khas pasang surut pangsa pasar Apple, yang cenderung turun secara signifikan dalam mengantisipasi musim dingin dan munculnya iPhone baru yang biasanya dirilis pada bulan Juni atau Juli, diikuti oleh lonjakan tajam di akhir musim panas atau awal musim gugur.

comScore mengatakan bahwa rata-rata 42.7 juta orang Amerika aktif menggunakan smartphone antara bulan November 2009 dan Januari 2010. Itu sekitar 18 persen dari keseluruhan 234 juta orang Amerika yang menggunakan telepon selular pada periode yang sama.

Motorola, LG, Samsung, dan Nokia melanjutkan untuk memimpin keseluruhan penjualan ponsel di Amerika Serikat.

%d blogger menyukai ini: