Sony Ericsson J105 Naite Ponsel dengan Fitur Unik Facebook

Tak banyak vendor menggulirkan handset dengan konsep ramah lingkungan. Setidaknya, hanya satu dua model yang meluncur ke pasar dengan ‘tema’ tersebut. Tapi belakangan Sony Ericsson cukup percaya diri menggelontorkan ponsel baru berjuluk Naite yang diklaim ramah lingkungan.

Naite adalah produk baru Sony Ericsson yang mengusung komitmen baru yaitu GreenHeart. Lewat Naite, vendor ini berusaha memproduksi ponsel tanpa bahan kimia berbahaya, mengurangi konsumsi kertas dan menggunakan kemasan yang lebih kecil.

Interface
Naite adalah ponsel dengan konsep candybar khas Sony Ericsson. Tampilannya tak jauh berbeda dari beberapa ponsel Sony Ericsson pendahulunya, kotak dan cenderung pipih. Mengingatkan pada beberapa seri terdahulu seperti seri C901, C902i atau K770i.

Untuk urusan penampilan layar, Sony Ericsson Naite sudah menyematkan TFT 256 ribu warna dengan diagonal layar 2,2 inchi. Tak ketinggalan dukungan resolusi QVGA (240×320 pixel) memperkuat sektor ini.

Salah satu keunikan antarmukanya adalah saat menggunakan aplikasi khusus Facebook for Sony Ericsson. Pasalnya, mampu tampil lebih hidup dengan menampilkan perkembangan status Facebook teman-teman Anda secara real time.

Multimedia

Meski menawarkan konsep ramah lingkungan, tak berarti ponsel ini minim persenjataan. Tengok saja berbagai fitur hiburan yang juga dibenamkan dalam ponsel ini. Pengguna bakal menemukan berbagai fitur multimedia seperti dari kamera, pemutar musik hingga radio FM dan game-game menarik..

Vendor menyisipkan kamera berkekuatan 2 megapiksel untuk menunjang kemampuan fotografi Sony Ericsson Naite. Sayangnya, tanpa dukungan fitur autofokus dan lampu flash tak banyak yang bisa diperbuat khususnya dalam memperoleh foto indoor yang optimal. Viewfinder ponsel ini pun cenderung sempit sehingga area tangkapan lebih kecil.

Di samping foto, kamera ponsel ini sudah memiliki support dalam resolusi 320×240 piksel. Hasil rekamannya muncul dalam bentuk mp4, pun begitu player ponsel ini bisa memutar file mpeg4 dan 3gp.

Hiburan yang tak kalah seru adalah pemutar musik. Meski interfacenya sederhana tapi settingnya mendukung beberapa opsi penting seperti equalizer dan stereo widening. Tak terlalu mengecewakan untuk memutar musik apalagi jenis file yang didukung pun relatif beragam tak hanya mp3.

Konektivitas

Di sektor ini, pengguna bisa sedikit tersenyum. Pasalnya, Sony Ericsson Naite sudah menyematkan akses data sekelas 3G dan HSDPA. multimedia tebukti tampil seadanya, maka lain halnya dengan konektivitas. Menilik banderol harganya, apa yang ditawarkan Naite cukup menjanjikan.

Dengan dukungan jalur data 3G dan HSDPA, aksi menjelajahi dunia maya khususnya download bisa digeber hingga 3,6 mbps. Namun, tentu saja performanya tergantung dari ketersediaan layanan operator di tempat yang bersangkutan.

Untuk mendukung browsing, Sony Ericsson Naite menyediakan menyediakan browser standar. Tapi dari segi performa masih belum bisa menandingi aplikasi pihak ketiga seperti OperaMini ataupun Ucweb.

Sebagai sarana konektivitas, Sony Ericsson Naite menyediakan transfer data atau file lewat Bluetooth dan kabel data USB. Jadi tak terlau sulit jika ingin memindah-mindah data dari ponsel ke PC ataupun sebaliknya.

Aplikasi dan Instalasi

Sony Ericsson Naite mencangkokkan teknologi Java MIDP 2.0 sehingga lebih banyak aplikasi yang bisa dibenamkan ke dalamnya. Tak heran, beberapa aplikasi menarik sudah tersemat dalam ponsel ini salah satunya yang juga mulai menjadi andalan di beberapa seri lain adalah Facebook for Sony Ericsson.

Berbeda dengan aplikasi Facebook di beberapa brand lain yang hanya sekedar menawarkan link untuk mengakses situs mobile-nya, aplikasi ini didukung interface menarik yang praktis. Melihat berita terbaru, membuat status, dan lain-lain bisa dilakukan dengan sekali klik pada tab yang tersedia.

Tak hanya itu, tersedia juga aplikasi Twitter khusus yang juga dibuat seperti layaknya Facebook for Sony Ericsson. Antarmukanya pun cukup dinamis, bukan sekedar tampilan versi situs mobile-nya.

Terkait komitmen terhadap lingkungan, Sony Ericsson Naite juga menjejalkan aplikasi Ecomate, yang akan memberikan bantuan kepada pengguna untuk menentukan pilihan gaya hidup yang bebas polusi.

Juga GreenCalculator, untuk mengetahui berapa banyak CO2 yang digunakan setiap hari.
Aplikasi lain yang tak kalah menarik antara lain AccuWeather, Calendar wallpaper, Slideshow Wallpaper, Standby World, World Clock 3D hingga YouTube.

Hardware

Material casing ponsel ini tak terlalu mengecewakan karena mutu plastik yang digunakan relatif berkualitas. Di luar kebiasaan, untuk menunjang media penyimpanan file, Sony Ericsson tak menggunakan Memory Stick Micro M2 melainkan MicroSD card. Hanya saja, slot memorinya terletak di dalam ponsel, jadi harus membuka casing belakang jika ingin menyisipkannya.

Baterai ponsel ini terbuat dari Li-polymer dengan kapasitas 950 mAh. Dalam sekali pengecasan penuh, Sony Ericsson Naite bisa bertahan hidup sekitar 2,5 hari untuk pemakaian normal.

Kesimpulan


(+)
HSDPA, VideoCall, Facebook for Sony Ericsson, Twitter

(-) Tak ada Wifi, kamera tanpa autofokus dan flash, tak ada kamera depan

2 Tanggapan

  1. bisa diganti casingnya?

  2. SE NAITE…????kren poul…????dbwt MODEm…..???kcepatana nglah2in spdy lho…..???g bkal nyesel bli HP nie…???cz q dh bkti’in…???

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: