Tingkat Kepuasan Mobile Broadband Hanya 22%

Studi broadband yang dilakukan oleh Nokia Siemens Networks (NSN) menegaskan pentingnya solusi-solusi pintar dalam jaringan operator layanan bergerak. Sebuah penelitian global yang dilakukan terhadap pengguna Internet menunjukan bahwa dalam hal konektivitas tingkat kepuasan pengguna layanan broadband bergerak adalah 22 Persen, lebih rendah dibandingkan dengan layanan broadband tetap. Hal ini tidak hanya terjadi karena faktor perbedaan bentuk perangkat saja, tapi juga hingga isu seperti kecepatan pengunduhan yang lebih rendah. Satu dari dua pemilik perangkat bergerak (Mobile Device) diperkirakan akan tersambung ke Internet melalui jaringan bergerak pada tahun 2010, di mana 80 persen dari mereka tersambung melalui smartphone dan netbook. Studi broadband ini dilakukan untuk memahami faktor penggerak penggunaan broadband tetap dan bergerak, dan mempelajari hal-hal yang diharapkan pelanggan dari broadband. Parameter untuk mengukur kualitas jaringan meliputi waktu untuk membuka situs, kecepatan unggah dan unduh, kualitas video streaming dan IPTV, keamanan dan stabilitas koneksi Internet. Penelitian ini melibatkan sekira 11.000 wawancara yang dilakukan di 15 negara di seluruh dunia. “Ketika mobile broadband siap untuk tumbuh dalam kecepatan yang luar biasa, maka ini merupakan peringatan bagi industri, tentu saja, dengan ketersediaan dan kegunaan perangkat-perangkat pintar yang terus meningkat, para operator tidak boleh kehilangan kesempatan menghadirkan pengalaman jaringan bergerak yang setara dengan pengalaman dalam jaringan tetap,” kata Jurgen Walter, head of Business Solutions NSN dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (1/4/2010). Menurut penelitian NSN juga terungkap bahwa aktivitas Mobile Internet yang paling sering dilakukan adalah web browsing. Diketahui pula bahwa 92 persen dari responden survei mengungkapkan bahwa mereka melakukan surfing menggunakan layanan mobile broadband, paling tidak sekali dalam satu bulan. “Sayangnya, tingkat kepuasan browsing dalam jaringan bergerak 14 persen lebih rendah dari browsing di jaringan tetap karena faktor-faktor seperti loading halaman web yang lebih lambat,” kata Walter. Dicontohkannya, ketika pengguna di Amerika Serikat ditanya mengenai tingkat kepuasan mereka dengan masing-masing operator, perbedaan nyata terlihat dalam kepuasan yang berkenaan dengan waktu pembukaan halaman web. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peluang bagi para operator untuk berinvestasi untuk menghadirkan pengalaman internet bergerak yang lebih baik guna menarik dan mempertahankan pelanggan. Salah satu cara yang dapat dilakukan secara aktif oleh para operator adalah dengan beralih ke solusi bisnis seperti gateway browsing. Solusi seperti ini mengurangi ukuran pengunduhan file hingga 90 persen tanpa mempengaruhi kualitas gambar yang terlihat, dan secara signifikan meningkatkan kecepatan browsing. Berkat pemindaian virus dan filter kontrol orang tua, gateway browsing dapat juga mengatasi persoalan keamanan, karena secara global hanya 56 persen dari pengguna menyatakan bahwa mereka paling tidak cukup puas dengan tingkat keamanan yang ditawarkan oleh akses Internet bergerak. Selain itu, aktivitas layanan bergerak kedua paling umum adalah mengakses email, yang dilakukan paling tidak sekali dalam satu bulan oleh 81 persen sampel di seluruh dunia. Jadi tidaklah mengherankan jika para pengguna menyatakan sangat tertarik dengan kemampuan single sign on untuk akun email, situs jejaring sosial, dan toko aplikasi, serta tertarik mengetahui besar penagihan operator terhadap aktivitas online mereka. Diperkuat oleh solusi manajemen identitas, single sign on pengguna dapat log in sekali saja, yakni dengan memasukan kode PIN kartu SIM ponsel mereka, setelah itu mereka dapat secara otomatis menggunakan layanan-layanan lain di Internet. “Para pengguna broadband bergerak saat ini telah menyadari perbedaan kualitas dari berbagai tawaran para operator. Operator yang secara proaktif memperbaiki pengalaman broadband bergerak dari setiap sisi akan memperlebar jarak mereka dengan para pesaing mereka,’ tandas Walter.

%d blogger menyukai ini: