Setting Email Yahoo di Ponsel

Facebook masih menjadi daya tarik pengguna Internet di tanah air. Terbukti dari Tips edisi sebelumnya mengenai cara upload foto ke Facebook menggunakan email mendapat respon yang cukup baik.

Di antara email yang kami terima, beberapa diantaranya menanyakan bagaimana cara mengirim foto ke Facebook bagi pengguna email Yahoo. Tenang, kali ini kami mengulasnya.

Sebelumnya kami akan singgung mengenai fakta seputar cara berkirim foto ke Facebook. Jika Anda pengguna Blackberry, Windows Mobile, atau ponsel lain yang sudah disertai aplikasinya semisal Sony Ericsson seri W508 dan T707, upload foto bisa dilakukan langsung seperti halnya ketika Anda mengakses Facebook dari PC.

Upload foto bisa juga dilakukan apabila Anda menggunakan web browser versi mobile seperti UCWEB. Tapi belakangan ini akses Facebook via UCWEB browser sulit sekali.

Cara yang paling kontemporer dan hampir bisa dilakukan oleh ponsel-ponsel berbasis Java adalah via email.  Lebih sederhana dan lebih ramah bandwidth.  Seperti yang sudah dibahas edisi sebelumnya, pengiriman gambar atau foto lewat email mensyaratkan kita menggunakan ponsel serta layanan klien email.

Contohnya, layanan milik Gmail dan Nokia (Ovi). Dua layanan email ini memang diumbar secara gratis dan keduanya memiliki kemampuan untuk mengirimkan lampiran file berupa dokumen atau gambar dan dapat diset sebagai klien.

Bagaimana dengan Yahoo? Tenang, tampaknya Yahoo juga sudah menyediakan akses emailnya via klien mail. Meski tak semua fiturnya dibuka secara blak-blakan kecuali pabrikan ponsel tersebut memiliki hubungan kerjasama dengan pihak Yahoo misalnya Nokia. Di ponsel-ponsel terbaru, aplikasi emailnya sudah bisa digunakan sebagai klien email Yahoo.com.

Cara settingnya pun mudah karena sudah dibekali dengan wizard jadi tinggal nama pengguna dan password-nya saja. Nah bagaimana jika Anda pengguna ponsel Java yang belum memiliki aplikasi klien email?

Jika sekedar untuk mengirim email, Nokia masih membuka akses secara bebas. Sedangkan untuk menjemput email terbaru memang masih dibatasi. Seperti yang sudah disinggung tadi kecuali pihak pabrikannya memang sudah bekerjasama dengan Yahoo.

Jadi hasrat untuk berikirm foto atau gambar ke Facebook via ponsel tetap bisa dilakukan. Asalkan di ponsel Anda memiliki aplikasi email klien. Jika tidak, Anda bisa memasang aplikasi klien email. Untungnya aplikasi klien mail berbasis Java cukup banyak tersedia.

Ini dia diantaranya; mMail, Mobiluck, Mobile Mail, Mail4me, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkannya disitus GetJar.com (www.getjar.com) atau bisa langsung mendownloadnya lewat HP melalui situs WAP, http://wap.getjar.com.

Diantara sekian banyak alpikasi email klien, kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan MujMail. Disamping gratis, aplikasi ini memiliki banyak fitur dan beberapa kelebihan lainnya.  Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di www.mujmail.org.

Setting Yahoo di Mujmail

Secara umum, Yahoo mail memiliki konfigurasi sebagai berikut
– Protocol : IMAP4
– incoming server dengan : imap.n.mail.yahoo.com
– incoming port dengan : 143
– outgoing server: smtp.mobile.mail.yahoo.com
– outgoing port: 25 atau 587 (pilih salah satu saja)

Langkah setingnya sebagai berikut.

– Buka aplikasinya, tunggu beberapa saat sampai permintaan untuk mengisi akun email muncul.  Setelah muncul, isi konfigurasi emailnya seperti yang tertera di atas. Lihat gambar, konfigurasi dfault yang sudah disediakan tertera // <![CDATA[
var prefix = 'ma' + 'il' + 'to';
var path = 'hr' + 'ef' + '=';
var addy70306 = 'your_email' + '@';
addy70306 = addy70306 + 'gmail' + '.' + 'com';
var addy_text70306 = 'your_email' + '@' + 'gmail' + '.' + 'com';
document.write( '‘ );
document.write( addy_text70306 );
document.write( ” );
//\n
// –>
// ]]>
your_email@gmail.com// This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it // <![CDATA[
document.write( '’ );
// ]]>, ganti dengan alamat email Yahoo Anda dan set protokolnya menjadi IMAP4.

Selanjutnya geser kursor ke bawah dan isi SSl type, server dan Port-nya seperti kondigurasi di atas lalu masukkan username dan password email Yahoo Anda.

– Sekarang masuk ke “Sending Mail Setting”, yakni ikon bergambar kunci lalu pilih SMTP.

–  Masukkan SMTP server, SMTP port serta username dan password Yahoo Anda seperti gambar di bawah ini.

Selesai. Untuk mengirim email cari menu ”Write email”, dan tujukan ke alamat email Facebook Anda. Isi subjectnya sebagai judul foto atau gambar Anda nanti. Dan pilih Attachment untuk melampirkan gambar Anda yang akan dikirim/upload ke Facebook.

Alamat email Facebook Anda bisa Anda lihat di tampilan Facebook Anda.

[tabloid pulsa]

Satu Tanggapan

  1. Maaf,saya mau tanya ,untuk seting e-mail nexian nx t780, ditunggu balasanya terimakasih.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: