Nexian NX-T780: Murah, Bisa TV

Pasar ponsel qwerty online memang tengah naik daun. Namun, tak berarti pamor HP candybar low-end surut begitu saja. Nexian, lewat seri NX-T780 coba membuktikan kepiawaiannya, dengan menghadirkan ponsel murah berkualitas, dengan dukungan TV analog.

Tak jauh beda dengan ponsel lokal lain di kelas entry level, Nexian lewat seri NX-T780 mencoba menawarkan fitur khas ponsel lokal semisal dual on GSM. Juga, beberapa fasilitas multimedia menarik.

Berbekal banderol 450 ribuan, NX-T780 setidaknya mampu memikat konsumen. Terlebih lewat dukungan TV tuner analog, yang banyak diburu konsumen seiring merebaknya pertandingan sepakbola.

Disain & Interface
Bentukan Nexian NX-T780 yakni candybar. Tak banyak panel kontrol menghiasi bodi. Hanya ada port charger sekaligus handsfree, serta port kabel data di sisi kiri. Bagian belakangnya tertanam kamera dan corong speaker.

Bahan casing NX-T780 terbilang biasa, tak istimewa. Semuanya dibuat sederhana dan standar. Begitu pula struktur keypad, yang dibuat rapat tanpa ada aksen khusus. Meski begitu, tiap tuts keypad mampu menghadirkan kenyamanan saat ditekan, dengan respon yang cukup baik.

Antarmuka Nexian NX-T780 menerapkan model khas ponsel berplatform MTK. Struktur menu dan ikon grafiknya serupa dengan ponsel asal Cina lain. Menunya model grid, dengan sub-menu terstruktur list.

Multimedia
Banderolnya boleh lah sekadar Rp 450 ribuan, namun NX-T780 ternyata memiliki sarana hiburan mumpuni. Paling keren yaitu TV tunner. Kualitas fitur TV-nya tercatat oke, dengan daya tangkap siaran TV lumayan oke. Gambar tampilannya pun terukur jernih meski tangkapan warnanya agak tak imbang, lebih blueis. Selain itu, kecilnya ukuran display membuat aksi TV-nya sedikit kurang maksimal.

Untuk pengaturan dan pencarian gelombang siaran TV, NX-T780 menyediakan pilihan otomatis. Ada 19 slot channel kosong yang bisa dipakai untuk menyimpan stasiun TV favorit.

Fasilitas media berikutnya yakni audio/video player. Interfacenya tak jauh beda dengan kebanyakan ponsel lokal, termasuk proses update file yang bergantung kartu memori. Soal kemampuan audio, NX-T780 sudah mendukung speaker stereo. Dan, diperkuat pilihan equalizer untuk meningkatkan performa keluaran suara.

Nexian NX-T780 juga menyediakan kamera. Resolusi gambarnya sebatas VGA, dengan hasil foto yang tak terlalu bagus. Malah bisa dibilang kemampuan kamera ponsel Nexian ini dibawah rata-rata untuk ukuran kamera VGA di ponsel. Kemampuan rekam video dimiliki, dengan hasil yang ‘biasa’.  Tak hanya itu, T780 disertai radio FM pula, dengan dukungan antena internal (built-in) hingga tak harus mencolokkan headset terlebih dulu untuk aktivasi.

Konektivitas & Hardware
Nexian NX-T780 dibekali jalur data GPRS untuk akses jelajah dunia maya. Beragam akses online cukup mampu diakomodasinya, seperti akses Facebook, chatting via aplikasi eBuddy serta browsing lewat Opera Mini.

Untuk transfer file, NX-T780 sebatas mengandalkan kabel data miniUSB, tanpa hadirnya Bluetooth. Kabel data ini bisa dipakai sebagai media charging. Via kabel data proses pertukaran file berlangsung melalui profile mass storage, dimana ponsel berlaku layaknya flashdisk.

Nexian NX-T780 memiliki kemampuan dual on GSM, dengan tersedianya dua slot kartu SIM. Kedua slot ini bisa disisipi kartu operator GSM apapun, mengingat ponsel ini tak dilock untuk operator tertentu.

Aplikasi-aplikasi
Sudah disinggung sebelumnya, Nexian NX-T780 menawarkan beberapa layanan online, semisal Facebook dan chatting. Untuk Facebook, ponsel ini hanya melekatkan shortcut link untuk versi mobile. Sementara itu, eBuddy miliknya berupa aplikasi Java (JBlend). Menariknya, aplikasi ini menyediakan kemampuan ‘minimize’, yang pada beberapa ponsel lokal disebut kemampuan Java Multitasking.

NX-T780 juga memiliki fitur E-mail client, yang bisa memuat lebih dari satu akun email. Profile pengaturan mendukung POP3 dan IMAP. Fitur atraktif lain yakni suara latar (background sound) saat bertelepon. Termasuk, fasilitas rekam/record pembicaraan selama bertelpon, yang ada di menu call.

Baterai
Sumeber energi mengandalkan baterai lithium-ion 1000 mAh. Meski cukup besar untuk ukuran ponsel lokal, ternyata tak cukup berdaya untuk menopang semua fitur yang ada. Terlebih untuk TV tunner dan teknologi dual on GSM. Baterainya hanya bisa bertahan dalam sehari, untuk pemakain diatas rata-rata.
** (+) Murah, ada TV, ada player musik & video, dual on GSM
( – ) disain biasa, tak ada Bluetooth, layar cukup kecil untuk ukuran ponsel TV, baterai kurang tangguh

6 Tanggapan

  1. Saya masih setia dengan Sony Ericsson M6001 mbak😀

  2. koneksi internet via nexian nx-t780 pake sim im3, nomor koneksinya berapa?

  3. Saya dah coba. . . . emang lumayan u/ hp hrga 450rb

  4. Sy pakai T780 sdh 2 bln lbh, tp blm bs pakai email client sampai skrg.. :-< padahal sy sdh cb settingan yg anda beri'k..
    Tolong krm cara2 pengaturan yg jelas n lengkap k email sy tri.stp31@gmail.com atw rian_popeye@yahoo.com
    Sy menggunakan operator dr TELKOMSEL

    Thanks b4

  5. Sama bro, aku udah 7 bln pk NX-T780 email clientnya gak bs jg… DNS slalu error… Mhn penjelesanya krm ke nope 083847117557. Trims.

  6. Saya minta tolg dong dijelaskan bgaimana cara memindahkan data (foto) pada NX-T780 ini ke komputer .. Di Komputernya hrs terinstal driver kan ?? Apa bs minta tolg saya dikirimkan alamat web tempat download drivernya ??
    Hp ini tdk bs digunakan upload ke jejarinf sosial contoh Facebook ya ??

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: