2010, Pasar Mobile Game Melonjak 19%

Seiring perkembangan penjualan ponsel cerdas yang meningkat, pasar aplikasi mobile juga diperkirakan akan terus tumbuh. Pada tahun 2009, penjualan aplikasi, khususnya game mencapai sekira USD4,7 miliar.

Tahun 2010 ini diperkirakan, penjualan mobile game akan meningkat sekira 19 persen. Perusahaan analis pasar Gartner memperkirakan, aplikasi game untuk platform mobile mencapai sekira USD5,6 miliar.

Gartner memprediksi, pada tahun 2014, pasar mobile game mencapai USD11,4 miliar. Demikian dilansir Cellular-news, Selasa (19/5/2010).

“Ramainya pasar aplikasi mobile telah membuka peluang pasar bagi sejumlah publisher dan pengembang, sehingga potensi pendapatan di industri ini akan terus berkembang,” kata Tuong Nguyen, analis  Gartner.

Meskipun demikian, Nguyen mengharapkan agar pengembang game mobile tidak terus menerus mengembangkan permainan ‘free’.
“Kami tidak mengharapkan pendapatan publisher didapat dari model iklan, meskipun model bisnis seperti ini telah berkembang di pasar Jepang.” kata Nguyen.

Berdasarkan penelitian Gartner, 70 hingga 80 pengguna ponsel akan mengunduh game mobile. Tapi Gartner melihat bahwa tren ke depan 60 persen game yang diunduh adalah game ‘free’. “Tren ini akan terus berkembang, dua hingga tiga tahun mendatang,” kata Nguyen.

Faktor-faktor lain yang meningkatkan popularitas game mobile antara lain peningkatan aksesibilitas mobile game di pasar negara-negara berkembang, dimana media alternatif game sangat terbatas. Selain itu faktor lainnya adalah, ketersediaan micropayments untuk sistem pembayaran yang memudahkan gamer mobile.

“Game mobile akan tetap menjadi komponen penting bagi,” kata Mr Nguyen.

Sementara itu, vendor ponsel juga diprediksi akan lebih memprioritaskan pengembangan khususnya  user interface. Semakin banyak perangkat yang mengadopsi teknologi layar sentuh akan meningkatkan pengalaman pengguna akhir.

[okezone]

%d blogger menyukai ini: